https://i0.wp.com/gramediaonline.com/images/prod_images/200001441_large.jpg

REVIEW KOMUNIKASI MASSA: SUATU PENGANTAR (EDISI REVISI)
( BAG.PENDAHULUAN )

Penulis: Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si Dra. Lukiati Komala, M.Si

Dra.Siti Karlinah, M.Si Simbiosa Rekatama Media, Bandung.

Cetakan pertama edisi revisi: September 2007

 

Peran media massa seperti koran, televisi, radio, majalah, surat, internet dan lainnya merupakan sebagai salah satu sumber kemajuan masyarakat didalam suatu negara yakni meningkatkan potensi dan perkembangan Negara. Akan tetapi tidak jarang diantara mereka yang terbawa arus negatif dari komunikasi massa ini, yang sebabnya adalah kurangnya pengawasan dari pemberitaan sehingga menimbulkan kekacauan, kemerosotan moral dan tindak kekerasan yang timbul di masyarakat. Dengan demikian bisa disimpulkan media massa merupakan suatu faktor penentu kehidupan manusia. Sebenarnya apakah pengertian dan fungsi dari komunikasi massa? Serta bagaimana menggunakan media massa yang lebih tepat? . Berikut ini akan dipaparkan ulasan singkat tentang komunikasi massa.

Bisa kita perhatikan devinisi yang diungkapkan oleh Bittner, yakni komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa kepada sejumlah besar orang. Dari definisi tersebut intinya bahwa tidak bisa dikatakan sebagai komunikasi massa jika penyapaian suatu berita tidak menggunakan media massa seperti Radio, televisi, majalah, koran dan media film bioskop. Sedangkan definisi komunikasi massa itu menghasilkan suatu produk berupa pesan-pesan komunikasi.

 

KARAKTERISTIK KOMUNIKASI MASSA

Definisi-definisi dari para ahli tentang komunikasi massa itu secara prinsip mengandung suatu makna yang sama,namun saling melengkapi. Akan dijelaskan beberapa perbedaan antara komunikasi antarpersona dan komunikasi kelompok ,yakni :

  1. Komunikator terlembagakan; komunikator menyusun pesan dalam bentuk artikel, apakah atas keinginannya atau atas permintaan media massa yang bersangkutan.
  2. Pesan bersifat umum; komunikasi massa itu bersifat terbuka, artinya komunikasi massa itu ditunjukan untuk semua orang dan bukan ditunjukan untuk sekelompok orang tertentu. Pesan komuniksi massa dapat berupa fakta, peristiwa atau opini. Pesan komunikasi massa yang dikemas dalam bentuk apa pun harus memenuhi kriteria atau menarik, atau penting sekaligus menarik bagi ebagian besar komunikan.
  3. Komunikannya Anonim dan Heterogen; pada komunikasi antarpersona,komunikator akan mengenal komunikannya, mengetahui idetitasnya. Sedangkan dalam komunikasi massa komunikator tidak mengenal komunikan (anonim), karena komunikasinya menggunakan media dan tidak tatap muka. Dikatakan Heteregen, karena terdiri dari berbagai lapisan masyarakat yang berbeda yang dapat dikelompokan berdasarkan faktor: usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, latar belakang budaya, agama dan tingkat ekonomi.
  4. Media massa menimbulkan keserempakan; komunikasi massa memilki kelebihan tersendiri yaitu jumlah sasaran khalayak atau komunikasi yang dicapainya relative banyak dan tidak terbatas komunikan yang banyak tersebut secara serempak pada waktu yang bersamaan memperoleh pesan yang sama pula.
  5. Komunikasi mengutamakan isi ketimbang hubungan; dalam komunikasi antarpersona yang diutamakan adalah unsur hubungan. semakin saling mengenal antarpelaku komunikasi, maka hubungan komunikasinya semakn efektif. Dalam konteks komunikasi massa, komunikator tidak harus selalu kenal terhadap komunikannya, dan sebaliknya. Yang penting bagaimana komunikator menyusun pesan secara sistematis, agar komunikannya bisa memahami isi pesan tersebut.
  6. komunikasi massa bersifat satu arah; yaitu dimana komunikator aktif menyampaikan pesan, komunikan pun aktif menerima pesan, namun diantara keduanya tidak dapat melakukan dialog sebagaimana halnya terjadi dalam komunikasi antarpersona.
  7. Stimulasi alat indra terbatas; Pada komunikasi antarpersona yang bersifat tatap muka, maka seluruh alat indra komunikasi, komunikator dan komunikan, dapat digunakan secara maksimal.
  8. Umpan balik tertunda (delayed) dan tidak langsung (indirect); komponen umpa balik merupakntan faktor penting dalam proses komunikasi antarpersona,komunikasi kelompok dan komunikasi massa. Pada komunikasi antar persona, umpan balik ini bersifat langsung (direct) atau segera (immediate). Sedangkan dalam proses komunikasi massa,umpan balikbersifat tidak langsung (indirect) dan terunda (delayed).

PERANAN KOMUNIKASI MASSA

Komunikasi massa memilliki perana yang sangat penting bagi sebagian besar orang didunia ini. komunikasi massa merupakan hal yang sangat penting bagi mereka yang memiliki antusias tinggi terhadap kesuksesan dimasa depannya karena lewat komunikasi massa akan memudahkan nasib seseorang tersebut mudah terwujud atau dalam kata lain bisa mudah terkenal oleh umum. Seperti yang diungkapkan Gamble dan Gamble (2001) bahwa sejak lahir sampai meniggal, semua bentuk komunikasi memainkan peranan dan bagian yang menyatu dalam kehidupan manusia. Apapun pekerjaan, kegiatan atau waktu luang seseorang, komunikasi merupakan salah satu faktor yang memiliki peranan dalam kehidupan mereka. Dan sebagian besar aktivitas seseorng dalam kegiatan kerjanya dihabiskan untuk komunikasi.

Bisa kita temukan sendiri diberbagai tempat, dimana setiap orang sibuk dalam media komunikasi seperti sibuk menonton televisi,mendengarkan radio, membaca koran, berkiriman pesan dan yang lebih terkenal saat ini adalah social media dengan jaringan internet yang lebih memudahkan berkomunikasi tersebut. Tentu masih banyak jenis komunikasi lainnya yang memang kegiatan tersebut tidak bisa lepas dari kehidupan seseorang.

Selain banyak manfaat dari sebuah komunikasi massa, Fungsi utama yang terkandung didalam Komunikasi Massa yaitu antara lain:

  • Surveillance (pengawasan),yaitu membantu menginformasikan tentang ancaman terjadinya bencana alam atau suatu hal yang bisa merugikan orang banyak. Juga sebagi pengawasan instrumental dimana penyampaian atau penyebaran informasi yang memiliki kegunaan atau dapat membantu khalayak dalam kehdupan sehari-hari.
  • Interpretation (penafsiran),contoh nyata penafsiran media dapat dilihat pad sebuah halaman tajuk rencana (editorial)surat kabar. Penafsiran ini berbentuk komentar dan opini yang ditunjkan kepada khalayak pembaca serta dilengkapi perspektif terhadap berita yang disajikan pada halaman lainnya. Yang bertujuan memperluas wawasan dan membahasnya lebih lanjut dalam komunikasi antarpersona atau komunikasi kelompok.
  • Linkage (pertalian), lebih utama untuk menyambungkan masyarakat yang tersebar diberbagai tempat kemudian dipertalikan dengan adanya media massa. Sehingga kelompok-kelompok yang yang memiliki kepentingan sama tetapi terpisah secara geografisdipertalkan atau dihubungkan oleh media massa.
  • Transmission of values (penyebaran nilai-nilai), fungsi ini disebut jugasosialization (sosialisasi) yakni mengacu kepada cara, dimana individu mengadopsi perilaku dan kelompok. Televise merupakan media massa yang sangat berpotensi untuk terjadinya sosialisasi (penyebaran nilai-nilai)pada anakmuda, terutama anak-anak muda yang telah melampaui usia 16 tahun,yang banyak menghabiskan waktunya menonton televise dibanding kegiatan lainnya, kecuali tidur.
  • Entertainment (hiburan), adanya media massa memang banyak menyuguhkan sebagai hiburan semata terutama media massa televisi hampir disemua penjuru kota bahkan daerah pelosok desa memanfaatkan untuk sekedar menonton infotainment slebritis yang diidolakannyan, dan siaran radio yang banyak menyajikan lantunan musik. Meskipun ada beberapa stasiun televisi dan radio siaran yang lebih mengutamakan tayangan berita. Begitu pula dengan majalah dan koran sebagian besar menyajikan yang menyangkut hiburan, selain banyak peminat informasi tersebut mudah diperoleh.

Pendapat tentang Fungsi komunikasi massa secara umum, yang diungkapkan oleh Effendy (1993), menjelaskan diantaranya:

  1. Fungsi informasi yaitu penyebar informasi bagi pembaca, pendengar atau pemirsa.
  2. Fungsi pendidikan merupakan sarana pendidikan bagi khalayaknya.karena media massa banyak menyajikan hal-hal yang sifatnya mendidik.
  3. Fungsi memengaruhi. Dengan media massa memudahkan khalayak untuk terpengaruh oleh iklan-iklan yang ditayangkan.televisi ataupu surat kabar dan lain sebagainya.
  4. Fungsi privatisasi, fungsi ini tentu sangat membantu untuk menciptakan rasa kebersatuan,privatisasi dan hubungan parasosial.

Suatu fungsi yang lebih utama yang lain adalah fungsi meyakinkan sebagaimana dijelaskan oleh Devito (1996), persuasi bsa dating dalam bentuk :

  • Mengukuhkan atau memperkuat sikap, kepercayaan atau nlai seseorang;
  • Mengubah sikap, kepercayaan atau nilai seseorang;
  • Menggerakan seseorang untuk melakukan sesuatu;dan
  • Memperkenalkan etika atau menawarkan system nilai tertentu.

Telah banyak diketahui dari fungsi komunikasi massa akan tetapi ada juga kelemahan dari komunokASI massa yakni bagi sebagian orang dengan adanya berita,laporan yang gencar tentang perang, inflasi, kejahatan dan pengangguran membuat seseorang merasa tertekan hingga sampai berputus asa yang membuatnya menarik diri kedalam dunia mereka sendiri.

Bagaimana orang menggunakan media massa? pertanyaan tersebut pantas ditanyakan bagi kita karena bagi sebagian orang sering menyalahgunakannya untuk kepentingan pribadi tanpa melihat dampak negatif bagi orang lain yang berada disekitarnya. Sesungguhnya media massa digunakan seseorang untuk memperoleh informasi tenytang sesuatu,kemudian dia menggunakan media massa sebagai bagian dari pengetahuan yang disebut sebagai kognisi.

Hail survei menunjukan alasan orang-orang menggunakan media antara lain karena ingin mengetahui kegiatan pemerintahan dalam negerinya,ingin mengetahui segala yang trjadi didunia,ingin memuaskan rasa keingin tahuannya, dan ada pula yang berpendapat dengan media massa dapat menemukan berbagai ide-ide cemerlang. Media massa ini diharapkan sebagai alat pelarian,dimana orang menggunakan media massa untuk mengatasi rintangan antara mereka dan orang-orang lain, atau untuk menghindari aktivas lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s